bengkelcincin itechcourse Cincin Nikah Kursus Komputer Medan Kursus Komputer Lampung Kursus Komputer Bandung Kursus Komputer Jakarta Kursus Komputer Pekanbaru Kursus Komputer Surabaya Kursus Komputer Riau Kursus Komputer Jakarta timur Kursus Komputer Jakarta Selatan Kursus Komputer Lampung Timur Kursus Komputer Lampung Barat Kursus Komputer Lampung Tengah Kursus Komputer Jawa Barat Cincin Kawin Jawa Tengah Kursus Komputer Jawa Timur Kursus Komputer NTT Kursus Komputer NTB Kursus Komputer Bali Kursus Komputer Lombok Kursus Komputer Makasar

Ads Top

Bagaimana Cara Belajar Ilmu Komputer Untuk Pemula Dengan Cepat ?



Bagaimana Cara Belajar Ilmu Komputer Untuk Pemula Dengan Cepat ?


Cara Belajar Komputer | Komputer bukan lagi menjadi sebuah barang mewah bagi kita, akan tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus tersedia untuk menunjang produktivitas dalam kehidupan sehari - hari, baik itu untuk perhitungan, penyimpanan data dan juga akses informasi. Akan tetapi tidak semua orang mampu untuk belajar komputer dengan cepat, utamanya bagi orang - orang yang baru mengenal fungsi komputer itu sendiri. Lalu bagimana cara memulai belajar komputer untuk pemula ?.

Pada kesempatan kali itu kami akan mencoba untuk memberikan beberapa tahapan untuk sobat komputer mengenai bagaimana cara belajar komputer dengan cepat dari dasar. Ok dari pada kita berlama - lama mari kita ulas satu persatu.

Baca Juga :
Apa Itu Ilmu Komputer ? Berikut Pengertian Dan Bidang – Bidangnya
Apa Itu Perangkat Peripheral ? Pengertian Dan Fungsinya
Macam – Macam Jenis Software Komputer
Bagaimana Cara Belajar Komputer Untuk Pemula Dengan Cepat ?
Gambar-Belajar-Komputer-Pemula1. Mengenal Perangkat Keras Komputer
Sebelum sobat masuk lebih jauh untuk belajar ilmu komputer, hal yang perlu sobat pelajari adalah mengenal berbagai macam perangkat komputer dan fungsinya utamanya cara menghidupkan, menggunakan dan mematikannya. Hal ini sangat diperlukan agar nanti sobat tidak kebingungan untuk memulai mengoperasikan perangkat - perangkat komputer tersebut.



Perangkat utama yang perlu sobat kuasai dalam belajar komputer untuk pemula adalah bagaimana cara penggunaan mouse dan keyboard. Dalam menggunakan mouse sobat komputer perlu memahami fungsi tombol klik pada mouse, baik itu tombol klik kiri dan juga kanan, serta fungsi scroll pada mouse. Sedangkan untuk keyboard sobat perlu memahami fungsi satu persatu tombol pada keyboard dan juga fungsi kombinasi tombol pada keyboard.

2. Berlatih Mengetik 10 Jari

Banyak dari orang malas berlatih untuk mengetik 10 jari, utamanya bagi para pemula yang baru belajar ilmu komputer. Kebanyakan dari mereka ingin cepat - cepat mahir dalam menggunakan komputer, padahal berlatih mengetik 10 jari merupakan modal dasar yang perlu sobat kuasai untuk dapat melanjutkan ke proses belajar selanjutnya. Dengan kita bisa mengetik 10 jari, kita dapat memperlancar proses belajar komputer tahap berikutnya.

3. Belajar Menggunakan Sistem Operasi

Tahap berikutnya untuk cara belajar ilmu komputer dengan cepat adalah belajar mengunakan sistem operasi komputer. Ada bermacam - macam sistem operasi yang dapat sobat pelajari mulai dari Windows, Linux, maupun Mac OS. Akan tetapi sistem operasi yang umum digunakan untuk pengguna komputer adalah sistem operasi Windows.

Dalam tahapan ini yang perlu sobat pelajari adalah bagaimana cara mematikan, cara merestart dan stanby komputer. Kemudian sobat dapat melanjutkan untuk belajar cara membuka dan menutup program komputer, memahami penyimpanan file, memahami fungsi folder dan directori serta belajar menggunakan windows explorer untuk menemukan dan membuka file.

4. Belajar Menggunakan Aplikasi Office

Tahap selanjutnya cara belajar komputer untuk pemula adalah belajar menggunakan aplikasi Office. Ada beberapa aplikasi dalam aplikasi Office diantaranya aplikasi Word Processor, Spreadsheet, Presentasi dan masih banyak yang lainnya. Tahapan ini sobat komputer perlu fokus untuk memilih salah satu aplikasi office terlebih dahulu sebelum mempelajari aplikasi office yang lain, dan salah satu aplikasi yang mudah untuk dipelajari terlebih dahulu adalah Word Processor. Sobat dapat menggunakan software MS. Word untuk memulai belajar pada tahapan ini, dan apabila sobat komputer sudah benar - benar menguasai sobat dapat melanjutkan belajar aplikasi Ms. Excel ( Spreadsheet ) dan Ms. Power Point ( Presentasi ).

5. Belajar Mengakses Internet

Setelah sobat komputer sudah belajar mengenai materi - materi diatas, sobat komputer dapat melanjutkan untuk belajar cara menggunakan internet. Pada tahapan belajar komputer ini, sobat dituntut untuk bisa memahami dan menggunakan aplikasi browser ( Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera ). Kemudian sobat juga dituntut untuk dapat membuka sebuah alamat website, memahami alamat link, melakukan pencarian di situs mesin pencari, melakukan download, membuat akun email, streaming video dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah tahapan - tahapan bagaimana cara belajar ilmu komputer untuk pemula, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. Jangan lupa untuk tetap setia mengikuti update artikel - artikel dari Utopicomputers, sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya yaaaaa.
Bagaimana Cara Belajar Ilmu Komputer Untuk Pemula Dengan Cepat ? Bagaimana Cara Belajar Ilmu Komputer Untuk Pemula Dengan Cepat ? Reviewed by dwi adisaputra on Oktober 23, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar